Tempat Wisata Gunung Kelimutu dan Danau Tiga Warna


Keindahan alam Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Hampir di seluruh penjuru pulau Indonesia bahkan yang menyebar luas di setiap jengkal wilayahnya menyimpan keindahan dan keistimewaannya tersendiri. Termasuk dengan keindahan alam yang ada di Nusa Tenggara Timur, khususnya pulau Flores. Selain berbagai wisata alam yang indah dan menakjubkan yang ada di pulau ini, salah satunya adalah Gunung Kelimutu. Nama Kelimutu diambil dari kata ‘keli’ yang berarti gunung, dan ‘mutu’ yang berarti mendidih. Salah satu keistimewaan dari gunung Kelimutu ini adalah adanya danau berwarna-warni yang ada di puncak gunung Kelimutu ini. penduduk setempat mempercayai bahwa warna-warna yang ada di danau warna warni di gunung Kelimutu ini memiliki artinya masing masing dengan kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau Tiga Warna

Gunung Kelimutu

Kawasan Kelimutu pada 26 Februari 1992 ini telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional. Dengan tinggi yang mencapai 1.640 m ini, gunung Kelimutu memiliki tiga buah kepundan yang diberi nama Danau Kelimutu yang berada di puncaknya. Danau tiga warna tersebut memiliki nama dan warna yang berbeda beda. Menakjubkan sekali, bukan? danau yang disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal. Lalu danau yang berwarna merah atau hijau masing masing, yang disebut dengan Tiwu Ata Polo tempat berkumpulnya jiwa jiwa yang telah meninggal yang semasa hidupnya melakukan kejahatan. Serta, Tiwu Ata Mbupu atau danau yang biasanya berwarna biru adalah tempat berkumpulnya jiwa orang orang tua yang telah meninggal.

Untuk dapat menikmati dan merasakan sendiri sensasi berada di puncak gunung Kelimutu dan melihat keindahan danau tiga warna tersebut, waktu yang sangat baik atau waktu yang tepat untuk melihat keindahannya adalah pada pagi hari. karena, pada siang atau sore hari, danau danau juga kawasan tersebut ditutupi kabut putih yang cukup menghalangi pandangan anda. Itulah sebabnya para wisatawan yang ingin melihat pemandangan dan mengunjungi danau tiga warna tersebut bermalam di Kampung Moni, untuk selanjutnya melakukan perjalanan pada dini hari menuju puncak gunung Kelimutu. Namun anda jangan khawatir, 20 homestay dan beberapa cottage disediakan untuk menginap anda