Candi Borobudur, Peninggalan Sejarah di Magelang Jawa Timur


Indonesia sangat kaya akan tempat tempat wisata yang bersejarah dan memiliki keunikan dan kisah misterius tersendiri, salah satunya adalah bukti adanya candi Borobudur yang sangat dikenal oleh dunia. Tidak salah, candi bertemakan Buddha yang sangat kental ini dijadikan World Wonders Heritage, secara arsitekturnya yang sangat menakjubkan dan fungsinya yang sebagai tempat ibadah ini menggambarkan kehebatan dan kemahiran yang membangunnya.



Candi Borobudur yang ditemukan dalam keadaan terkubur ini dibangun oleh Raja Samaratungga salah satu raja Mataram Kuno yang merupakan keturunan Wangsa Syailendra. Menurut beberapa ahli, nama Borobudur memiliki arti sebagai biara yang terletak di tempat yang tinggi.

Candi Borobudur juga terdiri dari beberapa tingkatan yang memiliki arti yang berbeda beda pada masing tingkatnya. Tingkatan tingkatan tersebut terdiri dari apa saja? yang pertama atau yang paling dasar adalah tingkatan Kamadhatu yang memiliki arti manusia yang masih terikat nafsu, lalu tingkatan selanjutnya adalah Rupadhatu, yang mana melambangkan manusia yang sudah terbebas dari nafsu, namun masih terikat pada rupa dan bentuk. Pada tingkatan inilah patung Buddha terbuka. Lalu, tingkatan yang berikutnya adalah Arupadhatu, yaitu manusia yang sudah terbebas dari nafsu, dan sudah tidak terikat pada rupa dan bentuk. Tingkatan paling atas yaitu Arupa, melambangkan nirwana, dimana patung Buddha bersemayam.

Kompleks candi Borobudur sangatlah luas dan sangat menarik untuk kita kunjungi dengan segala keindahan dan menunjukkan kehebatan yang membangunnya. Tidak salah mengapa banyak sekali pewisata lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi candi borobudur untuk menyaksikan sendiri betapa megah dan indahnya candi candi ini sekaligus sebagai wisata religi bagi mereka.

Selain untuk mengagumi keindahan dan kemegahan candi borobudur ini, kita juga bisa berwisata di daerah sekitar candi Borobudur dimana tempat masyarakat atau warga tinggal. Disana banyak sekali yang menjajakkan barang barang dagangan untuk oleh oleh, kerajinan kerajinan khas Jogja yang unik dan indah, juga selain itu berbagai macam jenis kuliner bisa anda temui di sepanjang jalan dengan menawarkan makanan makanan yang khas dan wajib anda coba karena makanan makanan tersebut memiliki rasa yang akan membuat anda ketagihan. Jadi, sempatkanlah anda untuk berwisata ke candi borobudur dan sekitarnya.